0
Dikirim pada 19 April 2009 di Uncategories

12. (Allah) befirman,"Apakah yang menghalangimu (sehingga) kamu tidak bersujud (kepada Adam) ketika Aku menyuruhmu?" (iblis) menjawab,"Aku lebih baik daripada dia. Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah." 13. (Allah) berfirman, "maka turunlah kamu darinya (surga); karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya. Keluarlah! Sesungguhnya kamu termasuk makhluk yang hina."

Ayat diatas menerangkan tentang sebab menolaknya iblis untuk sujud kepada Adam. Sementara malaikat yang jumlahnya banyak saat itu bersujud kepada adam. Bukan berarti sujud kepada selain Allah, tetapi secara hakikatnya malaikat sujud kepada Allah. Namun iblis yang hanya sendiri tetap berdiri diantara banyaknya malaikat yang sujud kepada adam. Dan Allah melihat iblis kemudian bertanya seperti pada ayat diatas.Dan iblis menjawab bahwa ia lebih baik dari adam.iblis diciptakan dari api sedangkan adam dari tanah. Ada beberapa kesalahan iblis dalam menjawab pertanyaan Allah swt,

  1. Iblis tidak melihat kepada siapa yang memerintah, tapi apa yang diperintah. Ini menjadi pelajaran bagi kita, untuk senantiasa mendengarkan qiyadah kita selama sesuai dengan hukum Allah dan RasulNya.
  2. Iblis tidak berpikir panjang dan menganalisa dengan baik tentang hakikat atau madah atau unsur penciptaan dirinya. Bahwa tanah itu lebih baik dari api. Tanah itu lembut, tenang,tempat tumbuh tumbuhan, dan tempat bertambah. Namun juga mengguncang jika diganggu atau dirusak. Sedangkan api tergesa-gesa dan menghancurkan serta mudah dihasut. Ketika disiram dengan air api akan hilang,sedangkan tanah akan menyerapnya.

Akhirnya,karena kesombongannya, ia diusir oleh Allah dari syurga karena ia adalah makhluk yang hina. Jadi, orang-orang yang sombong adalah sesungguhnya orang yang hina dan tidak patut ia berada di syurga. Ia merasa lebih baik dari siapapun tanpa menganalisis keadaan yang sebenarnya dan hanya berfikir pendek. Kita harus berpikir dengan visi yang jauh ke depan tidak seperti iblis yang pendek pikirannya.

Wallahu�alam bishowab

 



Dikirim pada 19 April 2009 di Uncategories
comments powered by Disqus


connect with ABATASA